PERANCANGAN SISTEM KERJA DENGAN WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS QR CODE UNTUK MENGURANGI KESALAHAN PENGIRIMAN PRODUK PLUG CAP DI PT XYZ

Penulis

  • Fahmi Gustiawan universitas krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.61488/industrikrisna.v12i1.284

Kata Kunci:

QR Code, RCA, Warehouse, WMS

Abstrak

. Ketidaksesuaian atau kesalahan pengiriman produk plug cap yang terjadi di PT XYZ memberikan beberapa dampak diantaranya terjadinya komplain pelanggan dan dikeluarkannya biaya tambahan oleh perusahaan untuk melakukan pengiriman ulang barang yang salah, biaya tambahan tersebut mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Peneliti menggunakan metoda RCA untuk menganalisis jenis komplain yang paling sering terjadi dan faktor utama penyebab terjadinya ketidaksesuaian pengiriman produk plug cap. Selain itu, peneliti juga melakukan analisis biaya kerugian akibat dari pengiriman ulang barang. 

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa komplain pelanggan yang paling sering terjadi diakibatkan oleh miss part dengan jumlah 11 kali dari total 25 kali komplain selama periode Januari 2020 sampai September 2023, dengan total biaya tambahan pengiriman ulang sebesar Rp11.426.600. Faktor utama penyebab ketidaksesuaian pengiriman produk plug cap adalah faktor machine dan methode.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti melakukan perancangan sistem kerja dengan Warehouse Management System berbasis QR Code di bagian Warehouse finish good. Setelah dilakukan perancangan dan implementasi sistem kerja dengan Warehouse Management System berbasis QR Code di bagian Warehouse finish good, terjadi penurunan komplain yang diakibatkan oleh miss part dari 11 kali menjadi 0 komplain. Serta terjadi penurunan biaya kerugian akibat ketidaksesuaian pengiriman dari Rp11.426.600 menjadi Rp1.604.768 atau turun sebesar 85,96%.

Unduhan

Diterbitkan

08/25/2023

Terbitan

Bagian

Articles