ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DI LINE DOOR MIRROR DALAM UPAYA MENURUNKAN RASIO PART REJECT DENGAN METODE FMEA
DOI:
https://doi.org/10.61488/industrikrisna.v12i2.337Kata Kunci:
Penjadwalan Proyek, Optimalisasi Waktu dan Biaya, Teknik Evaluasi & Peninjauan Program dan Metode Jalur KritisAbstrak
PT Honda Lock Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufacturing dan assembly yang bergerak dibidang otomotif. Produk-produk yang dibuat antara lain Door Mirror, Out Handle, Key Set, Light License Switch, dan Lock Assy Steering. Berdasarkan data produksi dibulan Oktober 2021-Mei 2022, disetiap bulan terdapat reject pada produk door mirror yang menyebabkan tidak tercapainya target zero defect perusahaan. Berdasarkan pengolahan data menggunakan pareto chart diketahui bahwa door mirror noise memiliki reject terbesar dengan total 40 pcs. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan untuk menghilangkan reject tersebut dengan menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk mencari akar-akar penyebab dari masalah yang ditimbulkan. Dari hasil analisa diketahui penyebab kegagalan yaitu adanya gompal pada gear motor yang dihasilkan dari kotoran atau benda asing yang menempel. Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi reject yaitu melakukan otomasisasi proses greasing gear motor dan otomasisasi pengecekan noise. Dampak setelah perbaikan yaitu menurunnya reject door mirror noise hingga tercapainya target zero defect Perusahaan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ade Rizky Harist Saputra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.