PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG DENGAN PENERAPAN METODE DEDICATED STORAGE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENYIMPANAN BAHAN BAKU PT. INDOTRUCK UTAMA

Penulis

  • linggar putra sagita universitas krisnadwipayana

Kata Kunci:

Gudang barang jadi, Perencanaan tata letak, Metode Dedicated Storage

Abstrak

PT. Indotruck Utama bergerak dibidang distribusi serta pelayan alat-alat berat yang berupa truck, serta mesin kontruksi. Pada saat melakukan kerja di gudang tersebut terdapat hambatan yang ditemukan pada tata letak gudang. Hambatan yang terdapat pada tata letak gudang yaitu space gudang yang tidak terlalu besar, dan banyak barang yang tergeletak menghalangi proses keluar masuk barang, serta saat operator ingin mengambil barang seringkali harus memindahkan barang yang ada di depannya, sehingga semuanya dapat menyebabkan lamanya waktu dalam proses memasukan dan pengeluaran barang dari gudang.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur area penyimpanan produk di dalam pusat distribusi produk terbungkus menggunakan strategi kapasitas khusus sehingga produk memiliki tempat penyimpanan yang tetap, untuk memudahkan spesialis menyimpan dan mengirim produk. Hasil perbaikan yang menggunakan strategi komitmen kapasitas adalah peningkatan pemindahan sebelumnya adalah 399 meter menjadi 204 meter dan waktu yang dibutuhkan beberapa waktu terakhir perbaikan adalah 200 menit dan setelah melakukan perbaikan 134 menit.

Unduhan

Diterbitkan

03/20/2024

Terbitan

Bagian

Articles