https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/issue/feedINDUSTRIKRISNA2024-09-09T17:31:01+08:00Syarif Hadiwijaya, S.T., M.Tsyarifhadiwijaya@unkris.ac.idOpen Journal Systems<p>Kumpulan Jurnal Ilmiah Program Studi Teknik Industri Universitas Krisnadwipayana<br />terbit 2 kali dalam 1 tahun</p>https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/article/view/578PENERAPAN METODE SERVQUAL, IPA DAN QFD UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN DI PT. BANK CENTRAL ASIA, BEKASIIMPLEMENTASI BAKERY2024-09-09T17:31:01+08:00Rian Krisnariankrisna786@gmail.comSuwandasuwanda90@gmail.comMuhammad Nurhasan Assidiq nurhasan_assidiq@unkris.ac.id<p>Perkembangan industri jasa di Indonesia khusus nya yang bergerak di bidang perbank an semakin menunjukan persaingan yang ketat antara berbagai bank. PT. Bank Central Asia adalah salah satunya, PT Bank Central Asia, Bekasi adalah BCA Kantor Cabang Utama yang dimana mempunyai jumlah nasabah/pelanggan yang cukp banyak namun masih dirasa kurang memuaskan dalam kualitas pelayananya, ini dibuktikan dengan banyak nasabah/pelanggan yang complain serta pindah ke cabang lain untuk bertransaksi. Oleh karena itu untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan, survei ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terkait kualitas pelayanan di PT.BANK CENTRAL ASIA, KCU Bekasi menggunakan 3 metode termasuk SERVQUAL (<em>Service Quality</em>), IPA (<em>Importance Performance and Analysis</em>) dan QFD <em>(Quality Function Deployment</em>. Penelitian ini dilakukan dengan 154 responden. Hasil dari pengolahan data mengguanakan metode SERVQUAL menunjukan bahwa untuk nilai rata-rata tingkat presepsi/kepuasan nya adalah 2,95-3,88 sedangkan untuk tingkat ekspetsi/kepentingannya adalah 4,11-4,20 yang berarti menunjukan tingkat kepuasannya masih rendah. Sedangkan dalam hasil dari metode IPA menunjukan bahwa terdapat 6 atribut utama yang harus dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu juga dari rendahnya kualitas pelayanan terdapat efek yang ditimbulkan yaitu adala menurun nya jumlah pendapat dari BCA, Kcu Bekasi yang dimana pada bulan maret memperoleh pendapatan sebesar Rp 22.790.800 kemudian mengalami penurunan pedapatan pada bulan April sebesar Rp 16.181.000 dan pada bulan Mei menjadi Rp. 11.814.500. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan untuk perbaikan guna memperbaiki kualitas pelayannanya supaya kepuasan pelanggan/nasabah dapat tercapai serta dapat meningkatkan pendapatan cabang. Dari Metode IPA diperoleh 6 Atribut utama yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan dan dalam Metode QFD yang diterjemahkan melalui HOQ (<em>House Of Quality</em>) dimana terdapat usulan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan antara lain dengan menambah loket pelayanan serta memisahkan loket pelayanan yang mmebutuhkan waktu transaksi yang cukup lama,memastikan karyawan terampil dan efesien serta tepat saat melakukan proses pekerjaan, membuat jadwal istirahat secara bergantian, melakukan briefing lebih awal sebelum jam operasional dimulai serta yang terakhir adalah dengan memberikan akses kemudahan untuk parkir kendaraan.</p>2024-09-09T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Rian Krisna, Suwanda, Muhammad Nurhasan Assidiq https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/article/view/576IMPLEMENTASI SISTEM ERP BERBASIS APLIKASI ODOO DAN MERAMALKAN PERMINTAAN DI BREAD O BAKERY2024-09-09T14:26:10+08:00Muhammad Wildan Fahmiwfahmi9@gmail.comFlorida Butarbutarbutarbutarsajetty@gmail.comJapinal Sagalasjapinal@gmail.com<p>Bread o bakery adalah usaha yang menjual makanan yaitu jenis roti–rotian, roti tawar maupun manis dari tahun 2009. Sekarang ini di <em>bread o bakery</em> terjadinya masalah pendataan penjualan yang manual sehingga rekap penjualan waktunya tidak efesien, kedua terjadinya pendataan barang yang manual yang kurang efektif yang belum terintegrasi mengakibatkan barang stock tidak terkendali, dan Sebagai perusahaan pembuatan roti <em>bread o bakery</em> masih belum melakukan peramalan untuk rencana produksi yang mengakibatkan produksi sering berlebih. Penerapan sistem ERP juga sangat penting dalam pengaturan barang di gudang dan pengiriman, karena dapat mempermudah dalam melakukan pendataan yang lebih akurat. Sistem ERP yang digunakan adalah Odoo. Dalam penelitian ini data di ambil dari 10 penjualan barang, kemudian diuji dengan uji kecukupan dan keseragaman data yaitu roti tawar dan roti coklat. Hasil pengujian data dengan tingkat ketelitian 5% dan keyakinan 95% harus memenuhi syarat yang bertujuan untuk mengetahui data yang diambil sudah mencukupi dan merupakan data seragam untuk dilanjutkan ke pengolahan data. Setelah melakukan pengujian data 48 minggu, maka jumlah permintaan minggu depan, dapat diramalkan dengan metode peramalan, hasil peramalan yang sudah terjadi yaitu roti tawar (461), roti coklat (258), roti tawar special (42), roti kelapa (64), roti srikaya (64), roti coklat keju (159), roti sosis (82), roti sosis pedas (53), daging sapi (73), dan roti keju (95). Dan setelah meramalkan penelitian juga menerapkan Oddo dalam bagian pendataan barang dan pendataan penjualan pada <em>Bread o bakery</em> agar lebih aman datnya dan lebih efesien.</p>2024-09-09T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Wildan Fahmi, Florida Butarbutar, Japinal Sagalahttps://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/article/view/574 ANALISIS POLA PERMINTAAN OBAT DENGAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK MENGENDALIKAN PERSEDIAAN DI PT SAMMARIE TRAMEDIFA2024-09-09T14:25:33+08:00Intan Asnila kusumaintan.unkris@gmail.comJohny Purnomo Jpurnmoj@gmail.comAlfadlyal.fadli.bandaro@gmail.com<p>PT SamMarie Tramedifa merupakan perusahaan yang tergabung dalam kelompok usaha SamMarie Healthcare Group ( SMHG ). Pendiri perseroan diprakarsai oleh keluarga Prof. Dr. Dr. T.Z. Jacoeb, SPOG-KFER dan Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK(K). Sebagai distributor melakukan pengadaan dan penyimpanan farmasi seperti obat, bahan obat, kosmetik, obat tradisional maupun alat kesehatan. Namun karena PT SamMarie Tramedifa belum memiliki sistem pengendalian persediaan Dengan adanya persediaan dapat memperlancar distribusi.</p> <p>PT SamMarie Tramedifa tempat penelitian skripsi ini. Skripsi ini menggunakan teori Simulasi Monte Carlo adalah tipe simulasi probabilistic untuk mencari penyelesaian masalah dengan sampling dari proses random, Random Number Generator adalah suatu algoritma yang digunakan untuk menghasilkan urutan urutan atau <em>sequence</em> dari angka-angka sebagai hasil dari perhitungan dengan komputer yang diketahui distribusinya sehingga angka-angka tersebut muncul secara random dan digunakan terus-menerus.</p> <p>Untuk mengetahui bagaimana pola data yang selalu turun naik Untuk Mengetahui bagaimana memperkirakan permintaan barang di masa yang akan datang.hcasil dari perhitungan menganbil permintaan tertinggi permintaan. Pola Permintaan tertinggi bahwa ada 3 jenis obat yang sering keluar yaitu Kloderma oint 10gr , Infusan RL 500ml dan Folamil genio.Hasil Simulasi Monte Carlo untuk 20 hari kedepan.</p> <p> Di ketahui permintaan kloderma oint 265 tube, infusan rl 500ml 465 kolf, dan Folamil genio 514 box.</p>2024-09-09T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Intan Asnila kusuma, Johny Purnomo , Alfadlyhttps://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/article/view/577MENURUNKAN REJECT BERLUBANG PADA NYY CABLE MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSISI (FTA) DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT. KABELINDO MURNI TBK2024-09-09T17:10:30+08:00Andika Rizki Juliantoandikarizki1213@gmail.comIsmail Kurniaismailkurnia@yahoo.comMuhammad Nurhasan Assidiqnurhasan_assidiq@unkris.ac.id<p>PT. Kabelindo Murni adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kabel listrik, kabel telekomunikasi, dan kabel utilitas. Didalam perusahaan tersebut terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan, salah satunya faktor terhadap kualitas produk yang. Terdapat beberapa jenis cacat yang beragam dengan jumlah cacat yang berbeda–beda pada setiap harinya. <br>diperlukannya penelitian ini untuk menemukan akar penyebab masalah dalam mengatasi produk cacat yang dihasilkan. Ini bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan penyebab 42 masalah dalam produk cacat untuk dapat meningkatkan kualitas proses produksi. Untuk metode yang mungkin digunakan untuk cari tahu akar penyebab terjadinya produk cacat yaitu dengan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Berdasarkan hasil perbaikan kualitas yang dilakukan sebelum adanya perbaikan pada cacat berlubang produk NYY Cable yang dimana tidak sesuai dengan standar pabrik, setelah adanya perbaikan yang dimana cacat berlubang pada NYY Cable menjadi sesuai standar pabrik yang dimana tempat penyimanan materil diperbaiki agar tidak terdapat kotoran agar tidak terjadinya cacat berlubang. Setelah peneliti melakukan perbaikan, peneliti mengambil data kembali selama 1 bulan untuk menganalisa apakah dengan melakukan perbaikan bisa menurunkan persentase reject yang sudah ditargetkan perusahan yaitu sebesar 2,0% dan ternyata persentase reject pada produk NYY Cable turun menjadi 3,4% dari awal pada saat mengambil data dengan reject sebesar 5,7%. Dengan ini bisa disimpulkan penelitian pada produk NYY Cable berhasil menurunkan reject.</p>2024-09-09T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Andika Rizki Julianto, Ismail Kurnia, Muhammad Nurhasan Assidiqhttps://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/inkris/article/view/575MENURUNKAN NG (NOT GOOD) PADA PART TERMINAL AE-0660 DI BAGIAN WASHING DENGAN METODE DMAIC (DEFINE MEASURE ANALYZE IMPROVE CONTROL) DI PT. ADVANEX PRECISION INDONESIA2024-09-09T14:26:08+08:00Wahyu Ramadhanwahyuramadhan1597@gmail.comSuwandasuwanda90@gmail.comFlorida Butarbutarbutarbutarsajetty@gmail.com<p>PT. Advanex Precision Indonesia adalah sebuah perusahaan PMA asal Jepang yang bergerak dibidang Produk Stamping, dan injection molding untuk industri Otomotif serta komponen Elektronik. Produk yang di hasilkannya yaitu Plate rotor, Plate cam, Holder brush, Hamaden 0430, Clip Injector, Holder bearing, dan Part Terminal AE-0660. Pada setiap produksi masih saja terdapat produk not good khususnya pada produk part terminal AE-0660 yang menjadi fokus penelitian ini. Pada hasil produkusi tahun 2021 hasil produksi tidak sesuai yang diharapkan perusahaan dengan nilai (NG 94173 part) dari ke tiga jenis NG selama setahun. Dan total NG pada part terminal AE-0660 mencapai nilai rasio 10,46 % (94173 part) NG, melebihi standar yang diharapkan perusahaan yaitu 5%. Oleh karna itu peneliti mengusulkan untuk menurunkan rasio NG dengan menggunakan metode DMAIC (define measure analyze improve control). Dari hasil 28 Analisa pengolahan data yang telah dilakukan peneliti menemukan 3 jenis NG yaitu, NG Bending, NG Discolor, dan NG Rusty. Pada tahapan usulan perbaikan peneliti berfokus untuk menghilangkan NG Bending. Oleh karena itu peneliti mengusulkan pembuatan IKA dan rak pencucian pada proses produksi Terminal AE-0660 untuk menurunkan nilai rasio NG. Setelah dilakukan Analisa menggunakan metode DMAIC total NG berhasil mengalami penurunan sebesar 5,56 % dari total nilai rasio 10,46 % menjadi 4,9 % sesuai standar yang diharapkan oleh <br>perusahaan.<br><br></p>2024-09-09T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2024 Wahyu Ramadhan, Suwanda, Florida Butarbutar