ANALISIS KETAHANAN UMUR V-BELT KENDARAAN BUS KAPASITAS MESIN 7684 CC REAR ENGINE
DOI:
https://doi.org/10.61488/kalpika.v19i1.33Kata Kunci:
sabuk v, Shore Durometer Hardness TesterAbstrak
Analisa ketahanan umur v-belt kendaraan bus kapasitas 7684 cc Rear Engine. v-belt yang digunakan adalah jenis COG dengan tipe C ( 22 x 14 ). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi umur v-belt yaitu, kelurusan v-belt dengan puli, panas yang diterima oleh v-belt dengan standar – 30 °C / + 90 °C, kekencangan atau kelenturan pada v-belt, jarak tempuh dan waktu yang dilalui oleh kendaraan, keausan puli dan keausan v-belt.menguji kekerasan bahan material karet dan ketahanan panas pada v-belt dengan menggunakan alat ukur termometer inframerah dan menentukan kondisi fisik v-belt dengan pengujian bahan material karet menggunaka alat ukur shore durometer D dan dilakukan berdasarkan jarak tempuh 50.000 kilometer (Low) didapat hasil dari rata-rata pengujian kekerasan karet v-belt 57,5 shore durometer D, dari hasil rata-rata pengujian kekerasan karet v-belt pada jarak tempuh 100.000 kilometer (Medium) didapat hasil 60,7 shore durometer D. Pada rata-rata 140.000 kilometer (High) mengalami kenaikan dari standar 55 Shore durometer D naik menjadi 62,5 Shore durometer D dan kondisi fisik v-belt mengalami keausan dan retak pada bagian bawah v-belt. Pada v-belt mengalami keausan pada lebar bawah v- belt pada jarak 50.000 kilometer, 100.000 kilometer dan 140.000 kilometer. Pada lebar bagian atas v-belt mengalami keausan di jarak tempuh 140.000 kilometer. Sehingga untuk mencegah putusnya v-belt saat kendaraan beroperasi pada jarak tempuh 140.000 kilometer v-belt harus diganti. Jika v- belt mengalami putus pada saat mesin beroperasi akan mengakibatkan gangguan yang sangat bahaya pada sistem pendingin mesin bus. Dengan semua faktor yang ada didapat hasil umur v-belt dengan kondisi unit keadaan normal atau SOP dan kendaraan beroperasi normal adalah 4 bulan 5 hari 9,6 jam.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 KALPIKA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.