Kajian Preferensi KAJIAN PREFERENSI PEMILIHAN MODA PENGUMPAN KOMUTER KRL STASIUN BEKASI, KOTA BEKASI
Abstrak
Studi ini mengkaji bagaimana preferensi pengguna KRL dalam pemilihan moda pengumpan ke Stasiun Bekasi, Kota Bekasi yaitu angkutan kota dan ojek daring. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji hipotesis dan overlay. Terdapat 5 faktor yang memiliki hubungan dengan preferensi pemilihan moda pengumpan komuter yaitu keamanan, keselamatan, kenyamanan dan keteraturan angkutan kota, serta biaya perjalanan angkutan kota. Faktor yang memiliki hubungan terkuat adalah biaya perjalanan ojek daring. Serta, faktor yang berpengaruh adalah keteraturan dan biaya perjalanan angkutan kota, serta biaya perjalanan ojek daring. Hasil studi ini dapat memberikan masukan terhadap Rencana Tata Ruang Kota Bekasi..
Referensi
Alfiansyah, T. A., & Setiawan, R. P. (2022). Hubungan antara Karakteristik Sosio-Demografi dan Penggunaan Taman dengan Subjective Well-being Penduduk Kota Surabaya. Jurnal Soshum Insentif, 5(2), 132–146. https://doi.org/10.36787/jsi.v5i2.829
Dwiatmoko, H., Mudjanarko, S. W., & Setiawan, I. (2020). Peran Angkutan Kereta Api Komuter Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Wilayah Gerbang Kertasusila. In Scopindo.
Hapsari, M. A., & Maulana, I. (n.d.). 5 KRL dengan Stasiun Penumpang terbanyak, salah satunya Citayam, Kompas , 2021.
Hussein, S. (n.d.). Analisis Overlay dalam Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis. https://geospasialis.com/category/sig/Bekasi, D. P. K. (n.d.). Trayek Kendaraan Kota Bekasi
Lestari, S., & Dewanti, D. (2021). Preferensi Pemilihan Moda Transportasi Siswa Sebelum dan Sesudah Pemberlakuan Kebijakan Zonasi Layanan Pendidikan. In Jurnal Penataan Ruang (Vol. 16, Issue 2). https://doi.org/10.12962/j2716179x.v16i2.7399
Miro, F. (n.d.). Perencanaan transportasi untuk mahasiswa, perencana, dan praktisi /
Mustaqima, Z. Z. (n.d.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Angkutan Umum Berbasis On line di Jakrta, 2018.
Menteri Perhubungan. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019. In Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.
Prasetya, N. A., & Sunaryo, B. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Lahan …. Teknik PWK, 2(2), 223–232.
Priyambodo, P., & WR, D. J. (2019). KARAKTERISTIK ANGKUTAN OJEK SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kasus Angkutan Ojek Sepeda Motor di Kecamatan Candi) THE CHARACTERISTIC OF MOTOCYCLE OJEK TRANSPORT IN SIDOARJO DISTRICT (Chase Study Motocycle Ojek Transport In Candi Sub-District). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 15(3), 151. https://doi.org/10.25104/jptd.v15i3.1209
Prayogo, G. (2016). STRATEGI ALIH MODA SEPEDA MOTOR KE ANGKUTAN KOTA DI KECAMATAN BEKASI TIMUR BERDASARKAN PREFERENSI PENGGUNA
P. P. R. I. N. (2020). Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 60 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, Dan Cianjur. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1Tahun 2001 (Vol. 2003, Issue 1).
PM No. 15. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek. PM 15 Tahun 2019, 13.
Peraturan Daerah Bekasi, P. K. (2011). Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 13 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bekasi Tahun 2011-2031
Tsalis, H., Prabawa, P. D., & Prisanjaya, G. (n.d.) (2019). Statistik Komuter Jabodetabek
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Reny Savitri, Rio Santo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.