PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM ANALISIS PENENTUAN TITIK-TITIK KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN PERJUANGAN KOTA BEKASI

Penulis

  • Semmuel Th. Salean Universitas Krisnadwipayana
  • Ilham Basuki Universitas Krisnadwipayana

Kata Kunci:

Titik-titik Kemacetan, Kecepatan, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Sistem Informasi Geografis

Abstrak

Kota Bekasi sebagai salah satu kota penyangga DKI Jakarta tidak lepas dari masalah kemacetan lalu-lintas. Salah satu ruas jalan yang kerap terjadi kemacetan adalah Jalan Perjuangan, sebuah jalan kolektor sekunder yang menghubungkan wilayah utara Kota Bekasi ke pusat kota. Kemacetan umumnya terjadi pada pagi hari dan sore hari disebabkan oleh banyak faktor, sehingga dilakukan segmentasi jalan untuk mendapatkan tingkat pelayanan jalan masing-masing segmen jalan.

Tujuan penelitian ini adalah menemukan titik-titik kemacetan dengan memanfaatkan sistem informasi geografis dalam proses analisis, manajemen data dan penyajian data. Dalam penelitian ini dihitung besaran kecepatan arus bebas, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan masing-masing segmen jalan. Sistem informasi geografis disini berperan dalam memproses data-data yang didapatkan dari survei primer dan hasil analisis untuk menentukan titik-titik kemacetan dan prioritas penanganan kemacetan di masing-masing titik kemacetan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 7 (tujuh) segmen yang ditentukan berdasarkan aturan MKJI, terdapat 4 titik kemacetan lalu lintas yang tersebar di 4 segmen jalan, sehingga tidak semua segmen memiliki titik kemacetan. Dengan karakteristik tiap segmen dan titik kemacetan yang berbeda, diperlukan penanganan yang berbeda pula.

Referensi

_____. Bina Marga, Direktorat Jendral, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.

_____.Pemerintah Kota Bekasi. 2014. Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kota Bekasi Tahun 2014. Bekasi.

Adisasmita, Sakti Adji, 2011. Jaringan Transportasi Teori dan Analisis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Savitri, 2017. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Zefri, 2016. Pemetaan Dan Sistem Informasi Geografis ( SIG). Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Morlok, E. K. 1992. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Munawar, Ahmad. 2005. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

Prahasta, Eddy. 2001. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung: Informatika.

Sinulingga, Budi D. 1999. Pembangunan Kota, Tinjauan Regional dan Lokal. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Santoso, I. 1997. Manajemen Lalulintas Perkotaan (Urban Traffic Management). Bandung: ITB.

Soehodho, Sutanto. 1998. Rekayasa Lalu Lintas. Cisarua, Bogor: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Yunus, Hadi Sabari. 2008. Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01