ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN ARTERI SEKUNDER STUDI KASUS KORIDOR JALAN RAYA PEKAYON KOTA BEKASI

Penulis

  • Fauziyah Begawat Sari Universitas Krisnadwipayana
  • Muhamad Abdul Majid Universitas Krisnadwipayana

Kata Kunci:

Analisis, Kemacetan, Lalu Lintas, Arteri Sekunder, Koridor Jalan Raya Pekayon

Abstrak

Sebagai salah satu kota besar di Kawasan Jabodetabek serta berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta, Kota Bekasi memiliki potensi, peluang serta tangangan dalam pembangunan terutama terkait isu permasalahan pembangunan daerah. Selain itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Kota Bekasi dijadikan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) serta Pusat Kegiatan Strategis Nasional. Kota Bekasi adalah sebagai pintu gerbang dan pengimbang (counter magnet) ibukota negara (jakarta) merupakan titik simpul untuk distribusi, memiliki peran dan fungsi yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dalam hal ini tuntutan penyediaan terhadap peningkatan aktivitas kota semakin meningkat.

Dari analisis, didapatkan dalam kurun waktu tahun 2004 sampai dengan tahun 2019 Terjadinya Perubahan Guna Lahan yang sebelumnya lahan tersebut adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau lahan tak terbangun menjadi kawasan perdagangan dan Jasa serta kawasan permukiman, serta pergerakan lalu lintas di jalan Raya Pekayon untuk di segmen 1 Bahwa dari nilai VCR di segmen ini nilai  tertinggi terjadi dari arah Mall Revo Town (A) menuju Jalan Raya Jatiasih (B) sebesar 1,22 pada pukul 16.00 - 17.00 yang berarti tingkat pelayanan jalan di segmen 1 diberi nilai E yang artinya kondisi pelayanan buruk lalu untuk di segmen 2 Bahwa dari nilai VCR di segmen ini nilai  tertinggi terjadi dari arah Mall Revo Town (A) menuju Jalan Raya Jatiasih (B) sebesar 1,10 pada pukul 17.00 - 18.00 00 yang berarti tingkat pelayanan jalan di segmen 2 diberi nilai E Untuk di segmen 3 Bahwa dari nilai VCR di segmen ini nilai  tertinggi terjadi dari arah Jalan Raya Jatiasih (B) menuju Mall Revo Town (A) sebesar 1,19 pada pukul 07.00 – 08.00 yang berarti tingkat pelayanan jalan di segmen 3 diberi nilai E, Dari analisis, manajemen lalu lintas di ruas jalan Raya Pekayon  banyak  jalan masuk menuju jalan lokal yang menghubungkan permukiman serta kawasan komersil yang menimbulkan tundaan lalu lintas yang disebabkan persimpangan-persimpangan jalan yang ada.

Referensi

Lalu Lintas Suatu Pendekatan untuk Mengelola dan Mengendalikan Lalu Lintas”, Penerbit Transindo Gastama Media, Jakarta.

Black, John, 1981. “Urban Transport Planning”: Theory and Practice, Croom Hlem, London.

Branch, C, Melvile, 1996. “Perencanaan Kota Komprehensif” Penerbit Gadjah Mada Unicersity, Yogyakarta.

Catanese, J. Anthony and Synder C, James. “Urban Planning” : Edisi Kedua, penerbit Erlangga, Jakarta.

Savitri, Anova, 2017. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Jayadinata, Johara T, 1999. “Tata Guna Lahan Dalam Perencanaan Pedesaan Perkotaan dan Wilayah” : Penerbit ITB, Bandung.

Meyer, Michael, D and Miller 1984. “Urban Transportation Planning” : Mc Grawhill Book.

Morlok, K. Edward, 1985. “Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Edisi Terjemahan dalam Bahasa Indonesia”, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sukmarini, Siddiq, 2016. Penataan Ruang Koridor Jalan Jatiwaringin Raya Pondok Gede Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Tamin, Ofyar Z, 2000. “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi” : Penerbit ITB, Bandung.

Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2017 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2008 tentang Penataan Ruang Kawasan JABODETABEKPUNJUR.

Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 13 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Bekasi Tahun 2011-2031.

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Kawasan Perkotaan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kota.

Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 1986 tentang Batas-batas Wilayah Kota Seluruh Indonesia.

Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Manual Kapasitas Jalan 1997 (MKJI)

Deden Firmansyah, Juli 2012 “ Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Soekarno Hatta”

https://www.google.com/search?safe=strict&ei=PAQnXbiwO4Wcmgfmn5iQDQ&q=jurnal+Analisis+Kemacetan&oq=jurnal+Analisis+Kemacetan&gs_l=psyab.3..0l10.10724.17897..19235...0.0..0.1265.2556.5-2j0j1......0....1..gws-wiz.......0i71.OSc2Wfu_XRM#

Santun Risma Pandapotan Sitorus, Citra Leonataris, dan Dyah Retno Panuju, April 2012 “Analisis Pola Perubahan Penggunaan Lahan dan Perkembangan Wilayah di Kota Bekasi” “https://www.google.com/search?q=pola+perubahan+guna+lahan+dan+perkembangan+wilayah+kota+bekasi&oq=pola+perubahan+guna+lahan+dan+perkembangan+wilayah+kota+bekasi&aqs=chrome..69i57.31265j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8#

Sukma Meutia , Sofyan M. Saleh , Azmeri, 1 September 2017 “Analisis Kemacetan Lalu – Lintas Pada Kawasan Pendidikan(Studi Kasus Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh)

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JTS/article/download/9899/7847

Wini Mustikarani, Suherdiyanto, 1 Juni 2016 “Analisis Faktor-faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Sepanjang Jalan H Rais A Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak’’ http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/download/292/289

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01