ANALISIS PENILAIAN PRIORITAS KAWASAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DI KOTA BEKASI

Penulis

  • Sutaryo Universitas Krisnadwipayana
  • Gabriela Dwisaraswati Universitas Krisnadwipayana

Kata Kunci:

Commuting, Light Rail Transit (LRT), Konsep Transit Oriented Development (TOD), Penilaian Prioritas Kawasan

Abstrak

Kota Bekasi telah mengembangkan transportasi massal berupa rencana pembangunan LRT (light rail transit) Cawang-Bekasi Timur yang merupakan lintas pelayanan 3 LRT Jabodebek yaitu Stasiun Jatibening Baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat, dan Stasiun Bekasi Timur. Namun, perencanaan konsep TOD di Kota Bekasi dalam pelaksanaannya tidak dapat dicapai hanya dengan melihat peran titik transit sebagai tempat naik dan turun penumpang. Sehingga diperlukan prioritas dalam pelaksanaan pengembangan di kawasan transit stasiun Light Rail Transit (LRT) Bekasi dengan konsep TOD yang sesuai dengan fungsi daya dukung lingkungan wilayahnya agar dapat terstruktur dan terintegrasi dengan baik. Berangkat dari permasalahan yang ada, penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian prioritas rencana pengembangan kawasan dengan konsep TOD yang ada di Kota Bekasi. Penulisan ini bersifat analisis kuantitatif yaitu analisis penilaian prioritas kawasan TOD di Kota Bekasi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan perhitungan pembobotan skoring. Hasil penelitian dari keseluruhan proses analisa diperoleh diperoleh tipologi kelas sebagai penetapan rencana pengembangan kawasan TOD berdasarkan tingkatan prioritas yang dibagi menjadi 3 sub kategori yaitu: 1) Prioritas 1 yaitu TOD Bekasi Barat dan TOD Bekasi Timur diarahkan sebagai TOD Kota; 2) Prioritas 2 yaitu TOD Cikunir 2 diarahkan sebagai TOD Sub Kota; dan 3) Prioritas 3 yaitu TOD Jaticempaka/Jatibening Baru diarahkan sebagai TOD Sub Kota dan TOD Cikunir 1 sebagai TOD Lingkungan.

Referensi

Amelia, Oetomo, 2018. Identifikasi Penerapan Konsep Tod Di Kecamatan Bekasi Timur. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

BAPPEDA. (2016). Laporan Akhir Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bekasi Tahun 2011-2031. Kota Bekasi: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemerintah Kota Bekasi.

BAPPEDA. (2016). Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bekasi Tahun 2018-2023. Kota Bekasi: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemerintah Kota Bekasi.

Bishop, Zane. (2015). Transit-Oriented Development: Benefits and Studies. Virginia: Ball State University.

Danbury Branch Improvement Program. (2010). Transit Oriented Development. URS Corporation AES.

DISTARU. (2018). Laporan Akhir Pekerjaan Rencana Teknis Kawasan TOD LRT (Jati Cempaka, Caman, Kampung Dua, dan A. Yani). Bekasi: Dinas Tata Ruang, Pemerintah Kota Bekasi.

Dittmar, H., & Ohland, G. (2014). The New Transit Town. Island Press.

Florida Department of Transportation. (2012). Florida TOD Guidebook. Florida.

Hendricks, S.J. (2002). Building Transit Oriented Development In Established Communities. Techincal Report, Center for Urban Transportation Research University of South Florida.

ITDP. (2014). TOD Standard. New York: Despacio.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dn Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Watson, D., Plattus, A., & Shibley, R. (2003). Time Saver Standards for Urban Design. New York: McGrawHill.

Dittmar, A., J. Mahrt-Smith, H. Servaes (2003). "International corporate governanceand corporate cash holdings." Journal of Financial and Quantitative Analysis 38(1): 111-134.

Liu, R., & Borthwick, A. G. (2011). Measurement and assessment of carrying capacity of the environment in Ningbo, China. Journal of Environmental Management, 92(8), 2047-2053. doi:10.1016/j.jenvman.2011.03.033

Renne, J.L. (2008). Smart Growth and Transit- Oriented Development at the State Level : Lessons from California, New Jersey, and Western Australia. Journal of Public Transportation, Volume 11(3), Halaman 77–108.

Sukmarini, 2016. Advisory Work : Penyiapan Konsep Tod (Transit Oriented Development). Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Sturges H.A. (1926). The Choice of a Class Interval. Journal of the American Statistical Association, 21, (153):65-66

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek 2018-2029.

Peraturan Menteri ATR/BPN No. 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit.

Peraturan Daerah Kota Bekasi No. 5 Tahun 2016 tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Bekasi Tahun 2015-2035.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01