KAJIAN TINGKAT PELAYANAN PRASARANA BERDASARKAN PERSPEKTIF KEPUASAN PENGHUNI

STUDI KASUS RUSUNAWA JATINEGARA BARAT

Penulis

  • Sutar Universitas Krisnadwipayana
  • Tri Eka Maiyora Universitas Krisnadwipayana

Kata Kunci:

Sarana dan Prasarana, Persepsi Penghuni, Kepuasan Penghuni

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Kajian Tingkat Pelayanan Berdasarkan Perspektif Kepuasan Penghuni” di rumah susun Jatinegara Barat. Program pembangunan rumah susun dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan menegah ke bawah di kota hasilnya sering tidak memberikan dampak kepuasan bagi penyewa. Beberapa kasus ketidakpuasan tinggal pada beberapa rusun akibat satu atau beberapa atribut rusun yang tidak lengkap atau tidak memenuhi kebutuhan penghuni. Secara indikatif ketidakpuasan tersebut disebabkan oleh berbagai hal, seperti jalan, sistem saluran drainase dan utilitas dasar yang ada dalam kawasan perumahan.

Pendekatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informasi yang diperlukan dalam menganalisis terhadap sasaran yang ada yaitu melalui proses wawancara mendalam terhadap para penghuni rusunawa Jatinegara Barat, terutama penghuni yang lebih berkompeten dalam menyampaikan informasi yang diperlukan. Selain wawancara informasi dapat diperoleh dengan cara observasi lapangan berupa dokumentasi gambar.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghuni rusunawa Jatinegara Barat memiliki pendapat tentang tingkat pelayanan rusunawa. Terdapat 3 pendapat penghuni mengenai tingkat pelayanan rusunawa yakni Baik (61%), Cukup (31%) dan Kurang Baik (8%). Dari masing-masing pendapat penghuni mempunyai persepsi masing-masing, seperti beberapa fasilitas prasarana yang tersedia sudah mampu melayani penghuni, ada beberapa fasilitas yang pelayanan hanya terbilang cukup, dan juga ada fasilitas prasarana yang tersedia belum mampu melayani penghuni rusunawa. Keterbatasan tingkat pelayanan dari beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan penghuni akan menjadi saran dan rekomendasi untuk pihak terkait agar terwujudnya kenyamanan penghuni untuk tinggal.

Referensi

Budiyono, Retnita, 2019. Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Rumah Susun Studi Kasus : Rumah Susun Bendungan Hilir I. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Kwanda, Timoticin. 2004. Analisis Kepuasaan Penghuni Perumahan Sederhana di Denpasar Berdasarkan Faktor Lokasi Prasarana Sarana Kualitas Bangunan Desain dan Harga. Petra Christian University. Jawa Timur.

Yanti, Suci Anugrah. Dkk. 2016. Kajian Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Kualitas Lingkungan Rusunawa. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Hidayati, Masturina Kusuma Hidayati. 2012. Tingkat Kepuasan Penghuni Rusunawa Terhadap Fisik dan Lingkungan Rusunawa di Surakarta. Universitas Gajah Mada. Yogjakarta.

Afifudiddin, Mochammad. Dkk. 2018. Analisis Ketersediaan Fasilitas Umum Terhadap Kepuasaan Penghuni Komplek Perumahan Beauti Permai Desa Bayu Kecamatan Darul Imarah Kab. Aceh. Universitas Syiah Kuala. Aceh.

A.Setiadi, Hari. 2013. Persepsi Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Atribut Rumah Susun Sewa Kemayoran. Kementrian Pekerjaan Umum. Jakarta.

SNI 03-7013-2014. Tata Cara Perencanaan Fasilitas Lingkungan Rumah Susun Sedernaha. Badan Standarisasi Nasional.

Dewi, Dian Ayunita N. 2018. Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Universitas Dipeonegoro. Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01