ANALISIS PENANGANAN KEMACETAN DI PERLINTASAN KERETA API

STUDI KASUS STASIUN SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

Penulis

  • Herlin Sukmarini Universitas Krisnadwipayana
  • Fajar Eko Wicaksono Universitas Krisnadwipayana

Kata Kunci:

Tingkat Pelayanan Jalan, Penanganan Kemacetan, Jalan Raya Serpong

Abstrak

Jalan Raya Serpong sebagai penghubung Kota Tangerang Selatan dengan daerah lain di sekitarnya. Selain itu, jalan tersebut juga terdapat pada kawasan strategis ekonomi yang aktifitas harian masyarakat sangat padat di lokasi tersebut. Namun, tingkat pelayanan jalan yang dapat rata-rata hanya D yang menandakan di lokasi tersebut mengalami kemacetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat memberikan masukan kepada pihak terkait mengenai kebijakan yang dapat dilakukan agar dapat mengurangi kemacetan di Jalan Raya Serpong Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang dipakai yaitu dengan menganalisis tingkat pelayanan yang dapat dicapai di Jalan Raya Serpong pada jam sibuk dan jam normal. Hasil pengamatan lapangan tersebut digunakan untuk selanjutnya menganalisa penyebab kemacetan dari faktor infrastruktur jalan, kondisi ekonomi, dan sosial budaya di lokasi tersebut. Pengambilan data melalui kuosioner tentang pendapat responden juga dilakukan agar dapat mengetahui kondisi yang dirasakan masyarakat yang sehari-hari beraktifitas dengan kondisi arus lalu lintas yang tersendat. Hasil penelitian, aspek yang menjadi prioritas saran kepada pemerintah dan pihak terkait dalam menangani kemacetan di Jalan Raya Serpong adalah dengan membangun fly over. Hal tersebut telah disesuaikan dengan kondisi fisik di lapangan dan kondisi keseharian yang dirasakan oleh masyarakat di lokasi tersebut.

Referensi

Sukmarini, Akbar, 2018. Analisis Pengendalian Pemanfaatan Ruang Melalui Perizinan Di Kelurahan Kembangan Utara. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Widari Lis Ayu, Akbar Jalalul Said, dkk. 2015. Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus Jalan Medan – Banda Aceh km 254+800 s.d km 256 +700).

Oktaviani Resti & Soetomo Sugiono. 2016. Pengaruh Keberadaan Kawasan Kota Baru Lippo Karawaci Terhadap Perkembangan Fisik, Ekonomi, dan Sosial Pada Kawasan di Sekitarnya.

Sutaryo, Abidin, 2016. Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Di Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Putera Mahardhika Wisnu, Hendarto R Mulyo, dkk. 2018. Analisis Prioritas Kebijakan Penanganan Kemacetan Jalan Raya Serpong Kota Tanggerang Selatan.

Utami Adita, & Widyastuti Hera. 2019. Model Panjang Antrian Kendaraan pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang Jl, Gayung Kebonsari Surabaya).

Nurdjanah Nunuj. 2013. Biaya BBM Akibat Kemacetan di Persimpangan Wilayah Jabodetabek.

Kristiawan Deril & Najid. 2019. Analisis Pengaruh Hambatan Samping Akibat Tata Guna Lahan di Jalan MH. Thamrin Tangerang dan Jalan Raya Serpong.

Savitri, Anova, 2017. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Jalan Sultan Agung Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. 2018. Kecamatan Serpong Dalam Angka 2018.

Peraturan/Undang- Undang

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan.

Republik Indonesia Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT). 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 15 Tahun 2011. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tangerang Selatan Tahun 2011 – 2031.

Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 5 Tahun 2017. Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 2 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Banten Tahun 2010 – 2030.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006. Jalan.

Standar Nasional Indonesia RSNI T-14-2004. 2004. Geometri Jalan Perkotaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004. Jalan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-26