IDENTIFIKASI PENERAPAN KONSEP TOD DI KALIBATA CITY KELURAHAN RAWAJATI KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN
Kata Kunci:
Transit Oriented Development, Pengembangan Kawasan, Kalibata CityAbstrak
Saat ini di Indonesia banyak yang menerapkan konsep TOD tak terkecuali kota Jakarta sebagai Ibukota negara indonesia dan juga pusat dari semua kegiatan ekonomi mempunyai penduduk yang mayoritas adalah masyarakat urban dan menjadi destinasi tempat bekerja bagi para pekerja dari daerah penyangga di sekitarnya, Kota Jakarta mewujudkan kawasan transit intermoda di daerah Jakarta Selatan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui terkait penerapan TOD ditinjau dari pedoman TOD. Penulisan ini bersifat deskriptif dengan analisis kesesuaian rencana pengembangan kawasan TOD dengan pedoman atau teori. Hasil penelitian di peroleh adalah rekomendasi sudah terkeseuaian rencana pengembangan kawasan TOD dengan pedoman atau teori TOD. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada Kawasan Kalibata City, Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) di kawasan tersebutĀ jika dilihat dariĀ pedoman dan juga fakta kondisi eksisting di kawasan Superblok Kalibata City sudah memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan dalam Pedoman ATR/ BPN No. 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit dengan Presentase 83% sesuai dan 17% tidak sesuai.
Referensi
E.K. Morlok.1984. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga.Jakarta.
Calthorpe, Peter.1989, The Pedestrian Pocket Book: A New Suburban Design Strategy. Princeton Architectural Press. New York.
Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan. 2019. Pacoran dalam Angka. BPS Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jakarta Selatan.
Amelia, Oetomo, 2018. Identifikasi Penerapan Konsep Tod Di Kecamatan Bekasi Timur. Jurnal Ilmiah Plano Krisna.
Priadmaja, Adji Prama dkk. 2017. Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) pada Penataan Kawasan di Kota Tangerang. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 01 No 02. Jakarta.
Fitriyana. 2013. Evaluasi Keberadaan Dan Penggunaan Ruang Terbuka di Kalibata City. Jurnal Planesa Volume 4, Nomer 1. Universitas Esa Unggul. Jakarta.
Hapsari, Sekar dan Karmilah, Mila. 2019. Penerapan Transit Oriented Development (TOD) Sebagai Upaya Mewujudkan Transportasi yang Berkelanjutan. Jurnal Pondasi Vol 24 No 1. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.
Safitri, Virta,. 2017. Prioritas Pengembangan Kawasan Transit Stasiun Gubeng dengan Konsep Transit Oriented Development. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol 24 No 1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Sukmarini, 2016. Advisory Work : Penyiapan Konsep Tod (Transit Oriented Development). Jurnal Ilmiah Plano Krisna.
Kamila, Noor Annisa dkk. 2018. Analisis Kesesuaian Karakteristik Kawasan Berdasarkan Kriteria Transit Oriented Development (TOD) (Studi Kasus : Stasiun Jurangmangu). Jurnal PlanesaVol 5 No 1. Universitas Esa Unggul. Jakarta.
Oetomo, Hars. 2018. Identifikasi Penerapan Konsep TOD di Kecamatan Bekasi Timur (Studi Kasus TOD Eastern Green LRT City). Skripsi, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Krisnadwipayana. Jakarta.
Peraturan/Undang- Undang
Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit.
Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.
Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan JABODETABEKPUNJUR.
Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.
Undang-Undang No.1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
Naskah Online
https://www.apartemen-kalibata.com/ tentang Profil Kalibata City.
https://jendela360.com tentang Profil Kalibata City.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Toni Rusmarsidik , Anwar Jaelani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.