Petunjuk Penulisan

Pedoman Penulisan Artikel Jurnal Elektro

1. Format Penulisan

  1. Artikel ditulis dengan Font: Times New Roman ukuran 12, spasi 1, Justify, pada kertas A4, 2 kolom.
  2. Panjang artikel berkisar 5.000 – 7.000 kata termasuk lampiran dan daftar pustaka, dengan margin normal.
  3. Halaman muka (cover) menyebutkan judul, nama penulis, email, instansi, dan negara penulis.
  4. Semua halaman bernomor urut (termasuk daftar pustaka dan lampiran). 
  5. Naskah harus mengikuti template dari Jurnal Elektro

2. Struktur Penulisan

  1. Judul

Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 15 kata dengan huruf capital. Jenis huruf Times New Roman ukuran 14, spasi 1 dicetak tebal, dan ditulis rata tengah.

  1. Nama penulis, alamat email, institusi, dan negara

Nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat e-mail, nama institusi, dan negara ditulis di bawah judul artikel. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis pertama, atau penulis korespondensi. Jenis huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1, dan ditulis rata tengah.

  1. Abstrak

Bagian ini memuat uraian singkat yang berisi latar belakang mengapa penelitian itu dilakukan, orisinalitas penelitian, tujuan penulisan, metode, temuan empiris, simpulan atau implikasi taktis. Abstrak disajikan di awal dan penyajiannya berkisar 300 kata (dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia). Abstrak diikuti kata kunci (keywords) berkisar 3 - 10 kata (tidak boleh disingkat dan tidak boleh ada nama lokasi)

  1. Pendahuluan

Bagian ini menjelaskan tentang latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi penelitian. Paparan dalam pendahuluan sebaiknya menggambarkan mengenai State of art,dan disajikan dengan analisa gap. Pendahuluan harus diisi dengan jelas mengenai tujuan artikel yang dibahas.

  1. Metode Penelitian.

Bagian ini menjelaskan rancangan penelitian, ruang lingkup atau objek (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.

  1. Hasil dan Pembahasan.

Bagian ini menyajikan hasil analisis penelitian. Analisis penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, dan mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.

  1. Simpulan

Simpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan yang menjawab tujuan penelitian.

3. Tabel dan Gambar

Tabel atau gambar yang ada, disajikan dengan penjelasan yang cukup dan dengan menyertakan nomor dan judul. Penulisan nomor dan judul tabel ditempatkan di atas tabel, sedangkan nomor dan judul gambar ditempatkan di bawah gambar. Tabel cukup garis horizontal pada bagian heading dan penutup (sistem 3 garis), garis vertikal tidak diperlukan. Lengkapi tabel dan gambar yang ada dengan menuliskan sumber di bawah masing-masing tabel/ gambar. Penulisan kata Tabel 1 dan Gambar 1 harus bercetak tebal dan diletakan di tengah.

4. Kutipan

Kutipan teks ditulis dengan menyebutkan nama akhir penulis dan tahun publikasi.

 Contoh Kutipan:

  1. Satu sumber dan satu penulis: Pennacchio (2014) or (Pennacchio, 2014)
  2. Satu sumber dan dua penulis: McDonald and Fisher (1972) or (McDonald and Fisher, 1972).
  3. Satu sumber dan lebih dari dua penulis: Kutip semua nama penulis pada kutipan pertama Lawter, Rua dan Guo (2014) atau (Lawter, Rua & Guo, 2014). Untuk kutipan selanjutnya ditulis nama penulis pertama disertai “et al.” Lawter et al. (2011) atau (Lawter et al., 2011)
  4. Lebih dari satu sumber dan satu penulis: Azmi (2003); Berry (2003) atau (Azmi, 2003; Berry, 2003).
  5. Sumber dari suatu instansi: IAI (2011) atau (IAI, 2011)
  6. Untuk kutipan langsung yang panjangnya kurang dari 40 kata diberi tanda petik (“...............”) dengan spasi single, jika panjangnya lebih dari 40 kata  tidak menggunakan tanda petik dan spasi double, (diketik dengan jarak baris satu dengan bentuk berinden (indented style). (Nama penulis, tahun publikasi, dan nomor halaman), Kieso (2018) atau (Kieso, 2018:122)

5. Daftar Pustaka/ Referensi

Bagian ini memuat sumber-sumber yang dikutip dalam badan tulisan artikel dan bukan berisi sumber yang tidak diacu di badan tulisan. Penulis harus menggunakan software manajemen referensi seperti Mendeley, EndNote maupun Zotero dalam penyusunan daftar pustaka. Sumber rujukan diutamakan maksimal 5 tahun terakhir dengan komposisi rujukan Primer (Artikel Jurnal) 80% dari total rujukan yang ada Daftar pustaka ditulis menggunakan sistem sitasi APA 6th  Edition (American Psychological Association) style dengan contoh penulisan sebagai  berikut ini.

Contoh Daftar Pustaka:

  • Buku:

Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul buku (cetak miring), edisi buku, nama penerbit, kota penerbit.

Satu Penulis

Suwardjono. (2005). Teori akuntansi: Perekayasaan pelaporan keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Dua sampai tujuh Penulis

  1. Antony, R.N., & Govindarajan, V. (2007).Management Control System (12th ed.). Singapore: Richard D Irwin. Mc. Grawhill.
  2. Kimmel, P.D., Weygandt, J.J., & Kieso, D.E. (2011). Financial Acoounting(6th). United States of Amerika: Wiley.
  3. Robinson, T.R., Greuning, H., Henry, E., & Broihahn, M.A. (2009). International Financial Statement Analysis. United States of Amerika: Wiley.

Penulis Institusi

Ikatan Akuntan Indonesia. (2004). Standar professional akuntan publik. Jakarta: Divisi Penerbitan IAI.

  • Buku Editan

Grubb, M., & Neuhoff, K. (Editor). (2006). Emisions trading and competitiveness: Allocations, incentives industrial competitiveness under the EU emissions trading scheme. London: Earthscan.

  • Buku Terjemahan

Nama Penulis. (Tahun). Judul terjemahan (Edisi). Kota: Penerbit.

  • Buku Online

Leaver, B.L., Ehrman, M., & Shekhtman. (2005). Achieving success in second language acquisition. doi:10.1017/CBO9780511610431.

  • Jurnal Ilmiah

Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume (nomor) jurnal, halaman artikel dalam jurnal. Agar lebih jelas.

  1. Li, J., Pike, R., & Haniffa, R. (2008). Intellectual capital disclosure and corporate governance structure in UK firm. Accounting and Bussines Research, 33(2), 137-159.
  2. Tujuh penulis = nama ditulis semua
  3. Delapan penulis = et al.
  • Makalah Seminar

Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, nama prosiding (cetak miring), penerbit (cetak miring).

Farahmita, A., & Siregar, S.V. (2014, 24-27 September). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemungkinan perusahaan memilih metode nilai wajar untuk properti investasi. Paper dipresentasikan pada acara Simposium Nasional Akuntansi XVII, Lombok.

  • Tesis/Disertasi

Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun, judul skripsi/thesis/ disertasi, skripsi/thesis/disertasi (cetak miring), nama penerbit, kota penerbit.

Azmi, Z. (2003). Pengaruh ketidakpastian tugas terhadap hubungan antara karakteristik sistem akuntansi manajemen dan kinerja manajerial (Tesis). Universitas Gadjah Mada, Program Pasca Sarjana, Jogjakarta.

  • Peraturan Undang-undang dan Sejenisnya

Nomor undang-undang, tentang, tanggal undang-undang, kota.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta

  • Sumber dari Internet

Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun, judul, alamat e-mail (cetak miring), tanggal akses.

El Hida, R. (2010). Masih ada kebocoran pajak, tax ratio mustahil capai 16%. Diakses dari http://www.detik.com.

Ketentuan Pengiriman Artikel

Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (Microsoft word) disertai biodata penulis dan instrumen penelitian berupa kuesioner, hasil wawancara, dan lain-lain melalui online submissions pada website Jurnal Elektro https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/jie atau melalui email: [email protected]

Artikel yang dikirimkan harus dilampiri surat pernyataan bahwa artikel yang dikirimkan bebas dari plagirisme dan belum pernah dimuat dan atau dipertimbangkan di jurnal terbitan lain. Informasi penerimaan maupun penolakan artikel akan diberitahukan secara tertulis. Artikel yang tidak sesuai dengan format akan dikembalikan, artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

Metode Penelaahan

Artikel yang telah dinyatakan lolos penelaahan awal oleh editor akan dikirimkan kepada satu atau dua reviewer (reviewer tidak akan mengetahui nama penulis ataupun sebaliknya). Adapun hasil dari blind review adalah:

  1. Artikel diterima tanpa revisi,
  2. Artikel diterima dengan revisi minor (sesuai saran dari mitra bebestari dan editor),
  3. Artikel diterima dengan revisi mayor (sesuai saran dari mitra bebestari dan editor),
  4. Artikel ditolak.