OPTIMALISASI KLASIFIKASI KENDARAAN OTOMATIS DENGAN SISTEM KONTROL ARAH KENDARAAN BERBASIS SENSOR INFRAMERAH

Penulis

  • Sri Hartanto universitas krisnadwipayana
  • Trio Sasmito universitas krisnadwipayana

Kata Kunci:

sensor, inframerah, otomatis

Abstrak

Sebelum digunakan Gardu Tol Otomatis (GTO) pada jalan tol, terdapat petugas yang memasukkan data jenis kendaraan secara manual pada mesin transaksi untuk mengeluarkan tarif tol sesuai dengan jenis kendaraan. Setelah penggunaan GTO, pekerjaan petugas tersebut digantikan dengan peranti elektronik Automatic Vehicle Classification (AVC) untuk mengklasifikasikan jenis kendaraan secara otomatis sehingga dapat dikeluarkan tarif tol sesuai dengan jenis kendaraan. Untuk mengatasi masalah ini, pada peranti AVC ditambahkan sensor inframerah sebagai sistem kontrol arah kendaraan yang bergerak mundur. Sensor inframerah tambahan ini terdiri dari modul pemancar dan penerima sebagai pendeteksi arah kendaraan yang dipasang dengan jarak 50 cm dari sensor profile scanner. Dari hasil pengujian yang dilakukan, hasil sampel data transaksi menunjukkan bahwa persentase kesalahan maksimum sebelum penambahan sensor inframerah rata-rata adalah 0,302% dan persentase kesalahan maksimum setelah penambahan sensor inframerah rata-rata adalah 0,100% sehingga terjadi penurunan kesalahan sebesar 0,202%. Dengan demikian, optimalisasi klasifikasi kendaraan otomatis dapat tercapai.

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-15