ANALISIS KINERJA JARINGAN LAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE (QOS) (Studi Kasus : PT. Transportasi Gas Indonesia Di Jambi)

Penulis

  • sudrajat sudrajat Universitas Krisnadwipayana
  • Mega Wahyu Ramadhani universitas krisnadwipayana

Kata Kunci:

Wireles, Local Area Network, Quality of Service, Bandwidth

Abstrak

PT. Transportasi Gas Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas, kususnya sebagai penyalur gas alam. Dalam pengoprasiannya memiliki beberapa lapangan gas yang cukup komplek. Di beberapa lapangan gas menggunakan jaringan Wireless Local Area Network (WLAN). Untuk mengetahui seberapa besar kinerja (performance) jaringan di PT.Transportasi Gas Indonesia, maka harus dilakukan sebuah pengujian dan analisa terhadap kinerja jaringan dengan berdasrkan pada quality of Service (QoS). QoS adalah kemampuan dalam menjamin pengiriman arus data jaringan atau kumpulan dari berbagai kriteria kemampuan yang menentukan tingkat kepuasan penggunaan suatu jaringan.Parameter QoS terdiri dari bandwidth, delay dan packet loss

Referensi

Anwar Zhaenudin, 2011, Sistem kinerja Jaringan LAN, (http://www. eprints.dinus.ac.id/135341jurnal_14218.pdf diakses 22 November 2016.

Axence NetTools 5.0 Pro 2009, Axence NetTools User Guide, Axence Software Inc 2005-2009.

(http://cdn01.axencesoftware.com/NetTools.exe,diakses 22 September 2016).

Budiono, N.W 2005. Konfigurasi Dasar Cisco Switch (http//:www.Ilmukomputer.com, diakses 15 november 2016).

Dadi Rahmayadi, 2010, Optimalisasi Sistem Jaringan Komputer Lokal (LAN),Perpustakaan Universitas Indonesia,02 november 2016.

http://www.cisco.com/en/US/products/hw/switches/ps5023/index.html

http://www.cisco.com/en/US/products/sw/cscowork/ps2425/index.html.

http://www.tgi.co.id/index.php/compan yy-in-brief

Prosedure Pengujian, Telecom Testing and Commisioning Procedure, PT.Transportasi Gas Indonesia 2009.

Sesindo, 2011, Pengukuran Kinerja Jaringan Komputer, (http//:www.digilib.its.ac.id/ublic/ITS-

paper-199953.pdf, diakses 26 november 2016)

Slamet Purwo ST.MT, Dosen Fakultas Teknik UNKRIS, Materi Kuliah,Jaringan Telekomunikasi

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-20

Cara Mengutip

sudrajat, sudrajat, & Ramadhani, M. W. (2022). ANALISIS KINERJA JARINGAN LAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE (QOS) (Studi Kasus : PT. Transportasi Gas Indonesia Di Jambi). TEKNOKRIS, 25(2), 9–18. Diambil dari https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/teknokris/article/view/328