ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN ID3 UNTUK FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN WARUNG ICHA STEAK & SEAFOOD

Penulis

  • Muhammad Farhan Arief Universitas Krisnadwipayana
  • Herry wahyono universitas krisnadwipayana
  • Nuke Chusna universitas krisnadwipayana

Kata Kunci:

Kepuasan pelanggan, Analisis Perbandingan, Algoritma, C4.5

Abstrak

Warung Icha Steak & Seafood merupakan salah satu usaha warung makan berjenis UMKM yang fokus pada bidang kuliner bidang yang menjual makanan berupa steak dan makanan olahan dari laut. Upaya mempertahankan konsumen tentu saja bukan suatu hal yang mudah, apalagi hal yang kini dihadapi oleh warung Icha Steak & Seafood adalah menurunnya harga jumlah konsumen dan pelanggan. Hal ini menjadi ancaman yang dihadapi oleh UMKM karena akan mempunyai dampak buruk berdampak pada perputaran pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mencapainya kepuasan konsumen Warung Icha Steak & Seafood. Terapkan metode Klasifikasi dengan C4.5 dan ID3 algoritma untuk mengelompokkan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Lakukan Perbandingan C4.5 dan Algoritma ID3 dengan metode Cross Validation. Disimpulkan bahwa masalah penentuan konsumen Faktor kepuasan Warung Icha Steak & Seafood dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik data mining yaitu dengan Algoritma C4.5 dan ID3, sehingga menghasilkan pohon keputusan yang sama dan 6 rule serta faktor yang paling dominan adalah Service Keramahan (C8) dengan nilai gain sebesar 0.41370089. Pengujian algoritma ID3 mempunyai tingkat akurasi yang tinggi 98,50%, nilai Precision sebesar 98,77% dan nilai Recall sebesar 99,38%

Referensi

Bangsa, S. T., & Utara, S. (2020). Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Klasifikasi Data Mining. 2(1), 41–48

Batubara, D. N., & Windarto, A. P. (2019). Analisa Klasifikasi Data Mining Pada Tingkat Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Pematang Siantar Dengan Algoritma. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi

Informasi Dan Komputer), 3(1), 588–592. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1664

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Jurnal Teknoinfo. Universitas Teknokrat Indonesia, 11(2),

-37.http://ejurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/25/20

Fatmawati, K., & Windarto, A. P. (2018). Data Mining: Penerapan Rapidminer Dengan K-Means

Cluster Pada Daerah Terjangkit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Berdasarkan Provinsi. Computer

Engineering, Science and System Journal, 3(2), 173. https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.9661

Gali, N., Mariescu-Istodor, R., Hostettler, D., & Fränti, P. (2019). Framework for syntactic string

similarity measures. Expert Systems with Applications, 129, 169–185. https://doi.org/10.1016j.eswa.2019.03.048

Hijrah, H. (2022). Analisis Perbandingan Aplikasi Data Mining Dalam Memprediksi Kualitas Kinerja

Karyawan Menggunakan Metode Algoritma C4.5. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem

Informasi), 9(2), 1655–1665. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.1992

Kamil, M., & Cholil, W. (2020). Analisis Perbandingan Algoritma C4.5 dan Naive Bayes pada

Lulusan Tepat Waktu Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal

Informatika, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.7723

Melina Agustina, D. (2016). Analisis Perbandingan Algoritma ID3 Dan C4.5 Untuk Klasifikasi Penerima

Hibah Pemasangan Air Minum Pada PDAM Kabupaten Kendal Comparative Analysis Of ID3 And C4.5 Algorithm For Classification Of Grant Recipients Of Drinking Water Installation At PDAM Kend. Journal of Applied Intelligent System, 1(3), 234–244.

Novita Indriyani, Heru Satria Tambunan, & Zulia Almaida Siregar. (2022). Analisis Faktor Kepuasan

Konsumen Terhadap Produk Roti Pinkan Bakery & Cake dengan Algoritma C4.5. Jural Riset Rumpun Ilmu Teknik, 1(2), 76–90. https://doi.org/10.55606/jurritek.v1i2.413

Putri, S. M., & Arnomo, S. A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Hinet Batam). Journal of Information System Research

(JOSH), 1(2), 70–76. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/69

Rahmayuni, I. (2014). Perbandingan Performansi Algoritma C4.5 dan Cart Dalam Klasifikasi Data

Nilai Mahasiswa Prodi Teknik Komputer Politeknik Negeri Padang. Teknoif, 2(1), 40–46.

Sari, Y. R., Sudewa, A., Lestari, D. A., & Jaya, T. I. (2020). Penerapan Algoritma K-Means Untuk

Clustering Data Kemiskinan Provinsi Banten Menggunakan Rapidminer. CESS (Journal of

Computer Engineering, System and Science), 5(2), 192. https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18519

Shiddiq, A., Niswatin, R. K., & Farida, I. N. (2018). Ahmad Shiddiq Analisa Kepuasan Konsumen

Menggunakan Klasifikasi Decision Tree Di Restoran Dapur Solo (Cabang Kediri). Generation Journal,

(1), 9. https://doi.org/10.29407/gj.v2i1.12051 Tanjung, D. Y. H. (2021). Analisis perbandingan

algoritma id3 dan c4.5 terhadap data pengisian uang atm. CSRID Journal, 13(3A), 231–242

Tree, M., & Algoritma, C. (2018). Decision Tree Klasifikasi-Decision Tree Data Mining Pemilihan

Atribut Entropi adalah nilai informasi yang menyatakan Decision Tree • Sebuah Decision Tree

adalah struktur yang dapat digunakan untuk membagi data yang besar menjadi himpunan-himpunan record y. 1–5

Widianto, K., Rifai, A., & Pratiwi, M. N. (2019). Analisa Kepuasan Pengunjung Menggunakan

Metodedecision Treedi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta. Jurnal Mantik Penusa,

(23), 301–316.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-20

Cara Mengutip

Arief, M. F., wahyono, H., & Chusna, N. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN ID3 UNTUK FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN WARUNG ICHA STEAK & SEAFOOD. TEKNOKRIS, 25(2), 28–40. Diambil dari https://jurnalteknik.unkris.ac.id/index.php/teknokris/article/view/330

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama