Sistem Penataan Kawasan Stasiun Kota Bekasi Sebagai Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas
DOI:
https://doi.org/10.61488/jkwk.v1i2.312Kata Kunci:
Sistem Penataan Kawasan, kemacetan, lalu lintasAbstrak
Banyaknya permasalahan yang ada pada Kawasan Kota maka perlunya menganalisi sistem penataan. studi analisis penyebab kemacetan jalan di pusat kota Bekasi khususnya dari jalan Juanda Stasiun Bekasi. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan transportasi umum di titik rawan kemacetan, untuk mengetahui upaya dari pemerintah dalam mengurai kemacetan, mencari solusi dan alternatif mengatasi kemacetan di kawasan stasiun kereta api di Kota Bekasi. Metode Analisis Deskriptif Kualitatif Untuk mengembangkan dalam aspek rekayasa kemacetan, aspek analisis spasial, analisa perubahan lahan Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan logika deduktif verifikatif tetapi,menggunakan logika induktif Pola yang bergerak dalam sebaran fenomena di lapangan yang berhasil digali dari responden, kemudian dilakukan editing, kategorisasi, penafsiran, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan analisis dengan metode tersebut dihasilkan Terjadinya kemacetan arus lalu lintas di jalan juanda Kawasan Stasiun Kranji di Kota Bekasi adalah pada hari kerja terjadi pada pagi harinya pada pulul 06.00-09.00 dengan jumlah kendaraan bervariasi 60 Kendaraan/menit setiap ruas jalan, banyaknya ojol dan angkutan umum yang mangkal disisi bahu jalan, Ketidakdisiplinan pengemudi kendaraan merupakan faktor penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas di depan Kawasan Stasiun karena pengguna jalan tersebut baik pengemudi kendaraan bermotor pribadi, angkutan umum maupun pejalan kaki tidak mematuhi tata tertib dalam berlalu lintas.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yudo Hariyanto, Irwan Prasetyo, Zefri Zefri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.